Bahagia Setelah Pensiun? Bukan Tidak Mungkin, Mulailah Sekarang

Tips
Spread the love

Artikel kali ini akan membahas mengenai indahnya menata masa tua yang aman sentosa. Masa tua merupakan salah satu periode dimana fisik maupun psikis seseorang mengalami penurunan fungsi. Secara fisik tidak sekuat waktu muda, karena terdapat banyak sel yang sudah mati dan kekuatan tulang sudah berkurang. Dalam sisi psikis dapat kita amati dengan jelas yaitu pikun atau mudah lupa. Pada umumnya masa tua akan terasa kembali seperti masa kanak-kanak, yang ingin dimanja dan banyak beristirahat. Sebagai pemuda atau yang masih sehat, kita harus memaklumi karena fungsi tubuh sudah berbeda dengan keadaan waktu kuat bekerja.

Purna Tugas Namun Tetap Bahagia

Pensiun atau berakhirnya masa kerja juga biasanya dialami pada masa tua, kecuali jika pensiun dini ya. Tubuh manusia memiliki batas maksimum, pada umur tertentu sudah tidak mampu lagi bekerja secara optimal sehingga banyak peraturan yang mencantumkan batas maksimum usia untuk bekerja. Produktivitas merupakan salah satu hal yang dapat terpengaruh oleh usia. Usia yang tidak muda lagi tentunya berbanding lurus dengan keadaan anatomi dan fisiologi tubuh seseorang. Kesehatan juga dapat terpengaruh oleh usia, sehingga batasan usia untuk bekerja yang telah ditetapkan memang harus dilaksanakan dengan baik dan benar.

Setiap orang mempunyai hak untuk dapat menikmati hari tua dengan indah. Setelah menghabiskan waktu muda dengan kerja keras membanting tulang, masa tua menjadi waktu istirahat dari letihnya mengejar impian dunia. Banyak yang menghabiskan waktu tua dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, karena umur merupakan rahasia yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bagi pegawai negeri sipil maupun pegawai swasta yang telah mengatur dengan jelas batas usia untuk pensiun.

Begitu pula dengan uang pensiunan yang bisa didapat walaupun sudah purna tugas. Uang pensiun ini sebenarnya Anda dapat dari gaji yang dipotong setiap bulannya. Uang pensiun ini sangat penting bagi kelangsungan hidup Anda dan keluarga setelah menghabiskan waktu kerja. Apalagi jika Anda selama ini hanya mengandalkan gaji semata, tanpa pekerjaan sampingan yang lainnya.

Semua orang berhak untuk bahagia, jadi alangkah baiknya Anda merencanakan dengan baik hari tua Anda ketika sudah purna tugas. Jangan sampai ada kata menyesal kemudian karena tidak mempersiapkan masa mendatang dengan baik. Tentunya Anda ingin dapat hidup bahagia dengan harta yang dapat mencukupi kehidupan sehari-hari.

Manfaatkan masa muda sebagai salah satu perencanaan hidup hingga puluhan tahun ke depan. Pastikan Anda dapat beristirahat dengan baik setelah selesai dari tugas atau pensiun. Kembali bekerja setelah pensiun merupakan salah satu pilihan yang merugikan, karena Anda tidak bisa menikmati usia tua dengan beristirahat.

Rencanakan Hari Esok Dengan Baik!

Hari ini dan esok menjadi tanggung jawab masing-masing individu, bahkan ada pepatah lama yang mengatakan bahwa hari esok ditentukan oleh apa yang Anda perbuat hari ini. Lakukan hal-hal yang bermanfaat hari ini, agar Anda menuai hasilnya di hari esok. Seperti halnya menyiapkan masa purna tugas, jangan sampai Anda berleha-leha ketika masih bekerja. Persiapan untuk masa mendatang dapat Anda mulai saat ini, dengan beberapa hal berikut ini.

  • Menjadi Peserta Jaminan Hari Tua

Hari tua harus dipersiapkan dengan baik, karena kondisi fisikĀ  dan psikis saat tua akan mengalami penurunan. Jadilah agen preventif dengan mengikuti program jaminan hari tua yang dapat membuat hari tua Anda menjadi lebih menyenangkan. Bagi Anda pekerja sektor informal sudah harus menyadari pentingnya menyisihkan gaji bulanan saat ini untuk hari tua nanti. Anda dapat melakukan pembayaran secara rutin, misalnya ke BPJS Ketenagakerjaan. Selain perorangan, Anda juga bisa mengikuti program per kelompok. Jadi Anda tidak perlu repot-repot menyisihkan gaji, karena uang jaminan hari tua sudah otomatis terpotong setiap bulannya. Jangan pelit untuk mempersiapkan hari tua Anda, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

  • Hindari Hutang di Bank

Pada era yang serba modern ini membuat banyak kebutuhan semakin mendesak, di samping harga bahan-bahan pokok yang juga melambung. Selain itu gaya hidup juga menjadi salah satu faktor penyebab seseorang meminjam uang dari bank. Rencanakan dengan baik keuangan keluarga Anda, jangan sampai memiliki hutang di bank yang melebihi gaji pokok Anda sendiri. Apalagi jika sudah pensiun namun hutang Anda masih membengkak. Nikmati hari tua Anda tanpa hutang dari bank, hidup selayaknya sesuai dengan gaji pokok.

  • Memulai Usaha Sampingan dengan Toko Online

Kehadiran internet menjadi salah satu peluang besar untuk membuka usaha sampingan. Selain tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda, usaha ini juga cocok untuk memenuhi kebutuhan di hari tua Anda. Mulai usaha toko online mulai dari sekarang, agar tidak sengsara di kemudian hari karena hanya mengandalkan uang purna tugas yang jumlahnya tidak seberapa.